Heboh! Pasar Negosiasi AMMN Capai Rp16,95 Triliun, Ini Klarifikasi Lengkap AMMN

Tambang
Tambang (EduFulus/Dok. AMMN)
Jangan Lupa Bagikan!

The Path To Financial Freedom, EduFulus.com – Saham Amman Mineral Internasional (AMMN) bikin kehebohan di Sesi I perdagangan pagi dengan terjadi transaksi crossing yang signifikan di bawah harga pasar reguler melalui pasar negosiasi.

Transaksi ini mencapai total nilai Rp16,95 triliun dengan harga transaksi Rp1.695 per saham, jauh lebih rendah dibandingkan harga pasar reguler AMMN yang mencapai Rp10.950 per saham. Volume perdagangan mencapai 100,05 juta saham dengan 6 kali transaksi.

Harga saham AMMN saat ini sudah masuk fraksi harga di atas Rp5.000/saham. Fraksi harga ini memiliki auto reject batas bawah (ARB) dan auto reject batas atas (ARA) masing-masing 20%. Mengacu pada batas tersebut, batas ARB saham AMMN ada di kisaran Rp8.800/saham. Sedang batas ARA ada di Rp13.200/saham.

SIMAK JUGA: Bikin Heboh Sekuritas Lain, Pindah Portofolio Ajaib Digembok 2 Tahun dan Ada Chargeback

Meskipun ada penurunan signifikan dalam transaksi crossing ini, harga saham AMMN pada pasar reguler bergerak naik sebesar 150 poin atau 1,39% sejak pembukaan pagi hari.

Harga terendah saham AMMN di pasar reguler mencapai Rp10.750 per saham, sedangkan harga tertingginya adalah Rp11.125 per saham.

Meskipun demikian, aktivitas perdagangan saham AMMN di pasar reguler terbilang sepi dengan volume transaksi 12,2 juta saham dan nilai Rp134,3 miliar hingga pukul 10.45 WIB, serta frekuensi transaksi sebanyak 3.517 kali. Markcap AMMN saat itu mencapai Rp795,8 triliun.

BEI Selidiki Alasan

Bursa Efek Indonesia (BEI) mengomentari transaksi negosiasi saham PT Amman Mineral Tbk (AMMN) yang dilakukan di bawah harga pasar reguler.

Transaksi tersebut terjadi dengan harga Rp1.695 per saham, sedangkan harga saham AMMN di pasar reguler telah mencapai lebih dari Rp11.000 per saham.

Menurut Direktur Perdagangan & Pengaturan Bursa BEI, Irvan Susandy, transaksi negosiasi saham AMMN memang diizinkan sesuai peraturan. Namun, anggota bursa (AB) yang melakukan transaksi di pasar negosiasi dengan harga di bawah batas auto rejection (ARB) atau batas auto rejection atas (ARA) harus melaporkannya kepada bursa.

“Alasan akan ditanyakan AB ke nasabah atau kliennya yang melakukan transaksi tersebut [negosiasi saham AMMN], baik beli atau pun jual,”




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*