Wahai Investor Newbie, Waspadai Saham Gorengan!

SAHAM GORENGAN: Pada dasarnya saham gorengan itu identik dengan saham murah meriah yang tidak jelas fundamentalnya. Saham gorengan wajib diwaspadai investor, khususnya para investor newbie
SAHAM GORENGAN: Pada dasarnya saham gorengan itu identik dengan saham murah meriah yang tidak jelas fundamentalnya. Saham gorengan wajib diwaspadai investor, khususnya para investor newbie (pemula) (Edufulus/Ist)
Jangan Lupa Bagikan!

The Path To Financial Freedom, EduFulus.com – Publik dihebohkan dengan limbungnya keuangan PT Asuransi Jiwasraya dan PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia PT Asabri (Persero). Masalah yang menyadera Jiwasraya dan Asabri, salah satunya terkait pengelolaan investasi. Asabri menerapkan model yang hampir sama dengan Jiwasraya dalam pengelolaan dana investasi.

Model pengelolaan investasi keduanya sama-sama di saham-saham yang kualitasnya tidak bagus atau biasa disebut dengan saham gorengan. Keduanya sama-sama mengelola dana investasinya di saham-saham gorengan. Karenanya, Jiwasraya dan Asabri pun sama-sama tekor karena salah kelola dana penempatan.

SIMAK JUGA: Penasehat Investasi Saham

Dikabarkan, portofolio saham milik Asabri anjlok hingga 90 persen. Kerugiannya pun disebut-sebut mencapai triliunan. Sementara itu, saham gorengan yang diincar Jiwasraya diduga karena kesalahan penempatan investasi yang dilakukan manajemen terdahulu. Jiwasraya banyak melakukan investasi di aset berisiko tinggi untuk mengejar return tinggi.

Menariknya, Jiwasraya juga diduga melakukan rekayasa harga saham. Modusnya melalui melalui saham overprice yang dibeli oleh Jiwasraya, kemudian dijual pada harga negosiasi (di atas harga perolehan) kepada manajer investasi, untuk kemudian dibeli kembali oleh Jiwasraya.

Terlepas dari unsur kesengajaan dengan motif tertentu atau ketidaksengajaan dalam pengelolaan investasinya, biar ranah hukum yang membuktikannya. Penulis hanya ingin mengudar pentingnya kewaspadaan bagi investor di pasar modal akan saham-saham gorengan. 

SIMAK JUGA: 4 Tips Cerdas Meminimalkan Risiko dalam Investasi Saham

Pada dasarnya saham gorengan itu identik dengan saham murah meriah yang tidak jelas fundamentalnya. Saham gorengan wajib diwaspadai investor (institusi atau individual), khususnya para investor newbie (pemula). Tak mengherankan, investor saham pemula kerap dianjurkan untuk tidak bermain-main dengan saham gorengan kalau tidak mau rugi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*