Tok! Satgas PASTI Tindak Tegas Influencer Saham Ahmad Rafif Raya, Tidak Dibina Saja Kah?

Influencer Saham Ahmad Rafif Raya
Influencer Saham Ahmad Rafif Raya (EduFulus/Ist)
Jangan Lupa Bagikan!

The Path To Financial Freedom, EduFulus.com –  Satuan Tugas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal (Satgas Pasti) akhirnya menindak tegas influencer saham yang akhir-akhir ini viral karena diduga gagal dalam mengelola dana para member senilai Rp71 Miliar.

Belakangan diketahui, aktivitas influencer saham yang bernama Ahmad Rafif Raya, mengelola dana investasi membernya secara tanpa izin (ilegal).

Sekretariat Satgas Pasti Hudiyanto menegaskan telah memanggil Ahmad Rafif untuk dimintai keterangan terkait kasus manajemen dana sebesar Rp71 miliar yang viral tersebut.

SIMAK JUGA: Heboh! Influencer Saham Diduga Gagal Kelola Dana Member Senilai Rp71 Miliar

Tujuannya adalah untuk memeriksa legalitas dan model bisnis yang diterapkan oleh influencer asal Makassar tersebut.

Langkah ini diambil setelah ada dugaan bahwa Ahmad Rafif melanggar beberapa aturan terkait kegiatan investasi.

Hudiyanto menjelaskan bahwa Ahmad Rafif Raya diduga melanggar Pasal 237 Undang-Undang tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK) dengan melakukan penawaran investasi, pengumpulan, dan pengelolaan dana masyarakat tanpa izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Diketahui, Ahmad Rafif adalah pengurus dan pemegang saham di PT Waktunya Beli Saham (WBS), perusahaan yang tidak memiliki izin dari OJK sebagai Manajer Investasi atau Penasehat Investasi.

Meskipun Ahmad Rafif memiliki izin sebagai wakil manajer investasi (WMI) dan wakil perantara pedagang Efek (WPPE), izin tersebut tidak memungkinkan untuk melakukan penawaran investasi, pengumpulan, atau pengelolaan dana masyarakat atas nama pribadi.

Karena Ahmad Rafif Raya telah mengakui melakukan penawaran investasi, pengumpulan dana, dan pengelolaan dana masyarakat tanpa izin maka Satgas Pasti melakukan tindakan tegas.

3 Instruksi Tegas Satgas Pasti

Satgas Pasti memerintahkan Ahmad Rafif untuk menghentikan kegiatan tersebut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Selain itu, ia juga diminta untuk mengembalikan dana kepada pihak-pihak yang telah menitipkan investasinya serta bersikap kooperatif dalam proses penegakan hukum terkait pelanggaran ini.

SIMAK JUGA: Penasehat Investasi Saham

Secara konkret, ada tiga instruksi Satgas Pasti pada influencer saham yang bernama Ahmad Rafif Raya:

1). Hentikan Kegiatan Penawaran Investasi

Satgas PASTI meminta Ahmad Rafif untuk menghentikan kegiatannya dalam melakukan penawaran investasi, penghimpunan dan pengelolaan dana masyarakat tanpa izin sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

2). Kembalikan Seluruh Dana Korban




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*