Tip Bijak dalam Memilih Saham, Pilih yang Konsisten Membagikan Dividen

Optomisme investasi di pasar modal
Optimisme investasi di pasar modal (EduFulus/Ist)
Jangan Lupa Bagikan!

The Path To Financial Freedom, EduFulus.com – Mendapatkan dividen dari investasi saham, menjadi salah satu pertimbangan yang biasanya dimiliki investor. Namun, tidak semua perusahaan konsisten dalam membagi hasil laba kepada para investor, sehingga pertanyaannya adalah, perusahaan mana yang seringkali “membahagiakan” pemegang saham?

Dividen, baik berupa uang tunai maupun saham, merupakan salah satu bentuk keuntungan yang bisa didapatkan oleh investor saham. Setiap perusahaan memiliki kebijakan manajemen keuangan yang memutuskan apakah seluruh laba bisnis akan dibagikan sebagai dividen atau sebagian akan ditahan. Dalam hal ini, penting untuk memahami definisi dan hak pemegang saham terkait dengan dividen.

Setiap entitas perusahaan biasanya memiliki tim manajemen keuangan yang memiliki peran penting dalam membuat keputusan strategis, salah satunya terkait dengan opsi pembagian keuntungan perusahaan sebagai dividen atau menahan sebagian.

SIMAK JUGA: Cara Melaporkan Dividen Agar Bebas Pajak Penghasilan

Dividen, pada dasarnya, merupakan hak pemegang saham untuk mendapatkan sebagian keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan. Pada tingkat dasar, seorang investor akan menerima dividen, jika perusahaan mencatat laba yang cukup untuk dibagikan dan mendapat persetujuan dari dewan direksi.

Pembagian dividen dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, baik dalam bentuk uang tunai atau saham. Setelah pembagian dividen, ada pajak dividen saham sebesar 10% yang harus dibayarkan oleh investor.

Penting untuk mencermati perhitungan dividen saham, di mana jumlah dividen yang diterima oleh seorang investor tergantung pada jumlah saham yang dimilikinya. Keputusan terkait besaran dividen biasanya diambil melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Pembagian dividen menjadi suatu tolok ukur penting bagi investor dalam menilai kinerja perusahaan. Perusahaan yang secara konsisten membayar dividen sering dianggap sebagai entitas yang stabil, mampu meningkatkan pendapatan, dan mendominasi pasar.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai cara perusahaan membagi dividen saham, kita dapat melihat dua cara utama:




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*