Reksa Dana ETF Makin Marak, Apa Itu ETF dan Bagaimana Cara Belinya?

Jajaran Reksa Dana ETF (Exchange Traded Fund)
Jajaran Reksa Dana ETF (Exchange Traded Fund) di pasar modal Indonesia (EduFulus/Gwk)
Jangan Lupa Bagikan!

The Path To Financial Freedom, EduFulus.com – Sejumlah Manajer Investasi (MI) kini mulai berebut ceruk di ETF (Exchange Traded Fund). Apalagi di level pasar sekunder Bursa Efek Indonesia (BEI) telah memberlakukan peniadaan levy fee dan penghapusan pajak final untuk produk ETF.

Informasi terkini, PNM Investment Management meluncurkan produk reksa dana ETF perdananya bernama Reksa Dana PNM ETF Core LQ45 dan hingga akhir tahun ini menargetkan dua produk ETF diluncurkan.

Sementara itu, Indo Premier Investment Management (IPIM) akan meluncurkan 4 produk ETF menjelang akhir tahun. Penasaran dan pingin tahu apa itu ETF?

SIMAK JUGA: Apa Itu Reksa Dana?

ETF itu reksa dana berbentuk kontrak investasi kolektif yang unit penyertaanya dicatatkan dan diperdagangkan di bursa selayak saham. ETF menggabungkan manfaat-manfaat investasi dalam reksa dana dengan fleksibilitas pada saham.

Mungkin Anda berpikir jika ETF ini memiliki karakteristik yang sama dengan reksa dana saham karena ETF berisi kumpulan saham. Tentu tidak demikian. Reksa dana saham berisikan beberapa jenis saham yang ada di bursa, sedangkan ETF memiliki acuan pada index saham yang ada di bursa.

Karena diperdagangkan saat jam perdagangan bursa makanya ETF dapat dijual dan dibeli kapan pun. Dengan begitu, ETF ini cukup fleksibel dan mudah untuk ditransaksikan alias tidak seperti reksa dana yang perubahannya harganya per hari.

Jika kamu menjual reksa dana harga yang didapatkan bisa berbeda, jika jam transaksi tidak sesuai dengan jam transaksi reksa dana yang telah ditentukan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*