Perbedaan Reksa Dana Saham dan ETF (Exchange Traded Fund)

ETF
Exchange Traded Fund (ETF)
Jangan Lupa Bagikan!

The Path To Financial Freedom, EduFulus.com – Exchange Traded Fund (ETF) telah menjadi semakin populer dengan pertumbuhannya yang signifikan di Indonesia.

Total Aset Under Management (AUM) ETF saat ini telah mencapai triliunan. Baik investor institusi maupun ritel sangat tertarik pada ETF karena sejumlah keunggulan yang dimilikinya.

ETF menggabungkan dua karakteristik produk sekaligus, yaitu reksa dana terbuka (open-ended fund) dan saham biasa (common stock).

SIMAK JUGA: ETF Pasif Vs ETF Aktif, Seperti Apa Perbedaannya?

Hal ini menjadikan ETF sebagai produk investasi yang mengikuti konsep kontrak investasi kolektif, dengan unit penyertaannya diperdagangkan di bursa efek seperti saham. Kelebihan ETF terletak pada diversifikasi dan fleksibilitas.

Ketika seorang investor memilih untuk berinvestasi dalam ETF, mereka tidak perlu repot-repot memikirkan diversifikasi karena hal ini terjadi secara otomatis melalui beberapa saham unggulan hanya dengan satu pesanan.

Dari sisi fleksibilitas, transaksi jual-beli ETF sangatlah fleksibel karena dapat dilakukan kapan saja selama jam perdagangan di bursa efek, serupa dengan saham.

Lebih rinci, terdapat sembilan poin perbedaan nyata antara reksa dana saham dan ETF:

1). Pengelolaan Perdagangan

Reksa dana biasanya diperdagangkan melalui Manajer Investasi (MI) atau Agen Penjual Reksa Dana. ETF diperdagangkan melalui Dealer Partisipan di Pasar Primer dan melalui berbagai broker di Pasar Sekunder.

2). Minimum Pembelian

Minimum pembelian unit reksa dana adalah 1 unit. Untuk ETF, dalam Pasar Primer, pembelian dilakukan dalam bentuk creation unit (1000 Lot = 100.000 unit), dan di Pasar Sekunder: 1 Lot (100 unit).

3). Biaya Transaksi

Biaya pembelian dan penjualan kembali untuk reksa dana umumnya berkisar antara 1% hingga 3%. Biaya untuk ETF sejalan dengan komisi yang dikenakan oleh broker (broker fee).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*