Kelemahan dan Kekurangan Aplikasi MOST Besutan Mandiri Sekuritas

Jangan Lupa Bagikan!

The Path To Financial Freedom, EduFulus.com – Saat ini investasi saham sudah berbasis aplikasi. Salah satu aplikasi untuk investasi saham yang ada saat ini adalah Mandiri Sekuritas Online Trading (MOST) milik PT Mandiri Sekuritas.

PT Mandiri Sekuritas adalah anak perusahaan Bank Mandiri dan memiliki izin pialang saham melalui SK Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) No. 12 Tahun 1992 dan izin penjamin emisi melalui SK Bapepam No. 13 Tahun 1992, serta terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jika ingin membuat rekening efek di Mandiri Sekuritas ada 3 pilihan yakni Reguler, Syariah, dan Full Service. Adapun minimal setoran awal pembukaan akun: Untuk mahasiswa Rp 2.000.000, untuk umum Rp 5.000.000, dan full service Rp 100.000.000.

SIMAK JUGA: Kelemahan dan Kekurangan Aplikasi BIONS Milik PT BNI Sekuritas

Pemilik akun regular biasanya dalam transaksinya dilakukan sendiri (tanpa bantuan broker) dengan menggunakan aplikasi atau web-based dengan fee Buy: 0.18% dan Sell: 0.28%, sementara itu untuk full service layanan transaksi sahamnya secara online dan konvensional (via telepon) dengan bantuan broker dengan fee Buy: 0.25% sedangkan Sell: 0.35%. Untuk akun syariah, nasabah (investor) hanya bisa memperjualbelikan produk-produk saham syariah.

Sementara itu, fee di Mandiri Sekuritas, yakni fee jual saham: 0.28% per transaksi (minimum Rp 5.000 per hari) dan fee beli saham: 0.18% per transaksi (minimum Rp 5.000 per hari).

Mandiri Sekuritas sendiri menerapkan minimum fee, artinya seberapa pun kecil jumlah transaksi saham, minimum fee beli atau jual adalah Rp 5 ribu.

Berbasis aplikasi, MOST telah nangkring di Google Play dengan nama MOST Mobile Mandiri Sekuritas memiliki rating 3,6 dari total 2.444 reviewer (Per 13 Juli 2020). Angka yang tidak terlalu buruk, tapi juga tidak terlalu baik.

SIMAK JUGA:5 Tip Trading Saham untuk Pemula dan Milenial

Mengulik dari para reviewer dengan rating 1 bintang maka akan ditemukan sejumlah kelemahan dan kekurangan dari aplikasi MOST ini. Berikut ini beberapa kelemahan dan kekurangan aplikasi MOST seperti diungkap secara jujur para reviewer:

Rizky PratamaBug nya banyak, mulai dari bug bid order, bug login yang gak masuk, padahal speed internet disini 30mbps, delay transaction, dan masih banyak lagi bug lainnya. Masa sekelas Mandiri kayak gini, sungguh memalukan.”

Sulistiawan, G. “Aplikasi tidak stabil, sering terhenti sendiri dan laging pada samsung galaxy note 9… pls. follow up dong. Masa kalah dengan OLT sekuritas lain 17.04.2020 — makin hari sering restart, loading nya lama sekali. Tolong diperbaiki konektifitasnya. Thx Bulan Juni 2020 — makin hari makin laging ini applikasi, kalah sama aplikasi sebelah.”




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*