Inilah 5 Indeks Saham Syariah di Pasar Modal Indonesia

Jangan Lupa Bagikan!

The Path To Financial Freedom, EduFulus.com – Indeks saham syariah di pasar modal Indonesia memiliki peran penting dalam memberikan gambaran kinerja saham-saham yang memenuhi prinsip-prinsip syariah.

Kelima indeks ini memberikan pandangan yang komprehensif terhadap berbagai aspek kinerja saham syariah di pasar modal Indonesia.

Investor dapat menggunakan indeks-indeks ini sebagai alat ukur untuk memahami tren pasar, melakukan analisis risiko, dan membuat keputusan investasi yang lebih baik sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

SIMAK JUGA: Inilah Empat Indeks Saham Syariah: ISSI, JII 70, JII dan IDX-MES BUMN 17

Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai kelima indeks saham syariah di pasar modal Indonesia:

1). Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI)

Tanggal Peluncuran: 12 Mei 2011.

ISSI adalah indeks komposit saham syariah yang mencerminkan kinerja pasar saham syariah di Bursa Efek Indonesia (BEI). Indeks ini mencakup seluruh saham syariah yang tercatat dalam Daftar Efek Syariah (DES) yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). ISSI memberikan gambaran tentang pergerakan harga saham-saham yang memenuhi prinsip-prinsip syariah.

2). Jakarta Islamic Index (JII)

Tanggal Peluncuran: 3 Juli 2000

JII adalah indeks saham syariah pertama di Indonesia. Indeks ini terdiri dari 30 saham syariah yang dipilih berdasarkan kapitalisasi pasar dan likuiditas transaksi tertinggi.

JII digunakan sebagai acuan untuk mengukur kinerja saham-saham yang mematuhi prinsip-prinsip syariah Islam di pasar modal Indonesia.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*