Hidup Sejahtera Tanpa Harus Keras Bekerja

Investor perempuan
Investor perempuan (EduFulus/Ist)
Jangan Lupa Bagikan!

The Path To Financial Freedom, EduFulus.com –  Salah satu arti sejahtera dalam kehidupan sehari-hari itu salah satunya saat kita tidak perlu bekerja, tetapi segala kebutuhan keuangan bisa terpenuhi dari aset produktif yang dimiliki. Istilah kerennya untuk kondisi semacam ini adalah bebas secara keuangan (financial freedom).

Mencapai kebebasan secara finansial itu pada dasarnya bukan perkara gampang. Pasalnya, tatkala kita masih bekerja dan menumpukan seluruh hidup dari gaji, dengan gaji segede apa pun, sebenarnya kita belum masuk kategori sejahtera. Seandainya kehilangan pekerjaan maka tak dapat dipungkiri kondisi keuangan akan terganggu.

Kalau begitu sejahtera itu sama saja dengan kaya raya dong? Salah besar! Sejahtera itu bukan soal kaya-raya dan memiliki aset yang banyak, melainkan saat kebutuhan-kebutuhan hidup bisa dipenuhi dengan penghasilan pasif (passive income).

SIMAK JUGA: Nyiapin Duit untuk Liburan dengan Reksa Dana, Gimana Caranya?

Cara berpikirnya seperti ini. Jika kita memiliki kebutuhan hidup Rp10.000.000,- perbulan dan kebutuhan tersebut bisa dipenuhi dengan penghasilan pasif misalkan dari investasi sebesar Rp15.500.000,- berarti kita sudah tergolong sejahtera atau mencapai kebebasan finansial, bahkan ada sisa.

Tapi seandainya penghasilan pasif kita masih di bawah kebutuhan hidup, berarti kita belum mencapai apa yang dinamakan dengan kebebasan finansial.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*