Gengs, Inilah Arti Kemerdekaan Finansial di Bulan Kemerdekaan RI

Jangan Lupa Bagikan!

The Path To Financial Freedom, EduFulus.com – Tiap Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia tiba, pertanyaan dan bahasan seputar kemerdekaan finansial selalu mengemuka. Tahun ini kita merayakan HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sudah menjadi tradisi ketika hari besar ini tiba, banyak pertanyaan yang dilontarkan terkait arti dan makna kemerdekaan. Rumusan umum yang kerap dijumpai yakni apakah kita sudah merdeka?

Pertanyaan ini lantas dikerucutkan ke sejumlah bidang, seperti dalam rumusan sudah merdeka kah kita di bidang ekonomi, politik, keamanan dan sebagainya, tak terkecuali juga dalam dalam hal keuangan. Adapun rumusan pertanyaan yang kerap kita dengar di sektor keuangan ini, yaitu sudahkah kita merdeka secara finansial?

SIMAK JUGA: Reksa Dana ETF Makin Marak, Apa Itu ETF dan Bagaimana Cara Belinya?

Pertanyaan ini selalu aktual untuk direfleksikan begitu HUT Kemerdekaan RI tiba. 77 tahun merdeka bukan lah usia yang singkat. Tapi berapa persenkan dari sekitar 260 juta populasi Indonesia yang sudah merasa merdeka secara keuangan? Tentu saja, masih sangat kecil.

Nah, karena padanan kata kemerdekaan itu salah satunya adalah kebebasan maka tak mengherankan istilah kemerdekaan keuangan pada kesempatan yang lain disebut juga dengan kebebasan keuangan. Lantas seperti apakah seseorang yang merdeka atau bebas secara finansial?




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*