Bukan Rahasia Lagi Kalau Jumlah Investor Kripto Kangkangi Jumlah Investor Saham

Jumlah Investor
Jumlah Investor (EduFulus/Ist)
Jangan Lupa Bagikan!

The Path To Financial Freedom, EduFulus.com – Data dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menunjukkan bahwa industri kripto di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan selama tahun 2024. Ini terlihat dari peningkatan jumlah investor kripto dan nilai transaksi yang terjadi.

Perdagangan aset kripto di Indonesia semakin ramai sejak dikeluarkannya Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 99 Tahun 2018 tentang Kebijakan Umum Penyelenggaraan Perdagangan Berjangka Aset Kripto. Peraturan ini telah diimplementasikan melalui beberapa peraturan teknis, termasuk Peraturan Bappebti Nomor 13 Tahun 2022 yang mengatur perdagangan aset kripto di bursa berjangka.

Menurut Tirta Karma Senjaya dari Bappebti, nilai transaksi kripto di Indonesia dari Januari hingga April 2024 mencapai Rp 211 triliun, mengalami peningkatan dibandingkan dengan sepanjang tahun 2023 yang hanya sekitar Rp 149 triliun. Dia juga menyebutkan bahwa jumlah investor kripto di Indonesia telah mencapai lebih dari 20 juta.

SIMAK JUGA: Jumlah Investor SID Per Akhir Desember 2023 Mencapai 12,16 Juta

Tirta juga mengungkapkan bahwa beberapa aset kripto seperti USDT Tether, Bitcoin, Pepe Coin, Shiba Inu, dan Dogecoin menjadi pilihan utama investor dan telah menopang nilai transaksi sepanjang tahun 2024. Ia pun optimis bahwa nilai transaksi kripto akan terus meningkat hingga akhir tahun ini.

Selain meningkatnya nilai transaksi, edukasi mengenai aset kripto juga menjadi fokus penting, terutama untuk generasi muda. Hal ini tercermin dari kegiatan literasi aset kripto di Surabaya yang diselenggarakan dalam Bulan Literasi Kripto (BLK) 2024, dimana edukasi tersebut ditujukan kepada mahasiswa dan komunitas stand-up comedy.

Kangkangi Jumlah Investor Saham




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*