Begini Perbedaan Nyata Investor Institusi dan Investor Individu (Retail)

Investor Pemula
Investor Pemula (EduFulus/Ist)
Jangan Lupa Bagikan!

The Path To Financial Freedom, EduFulus.com – Di dunia investasi terdapat dua jenis investor yaitu investor institusi dan investor individu (retail).

Sejatinya, perbedaan antara kedua jenis investor ini terletak pada cara mereka mengelola dana investasi.

Investor Institusi

Investor institusional adalah perusahaan atau organisasi yang melakukan transaksi investasi atas nama orang lain. Dalam konteks ini, investor institusi melakukan transaksi untuk mengurus dana nasabah.

Beberapa contoh investor institusi meliputi perusahaan asuransi, reksa dana, manajer dana pensiun, dan bank yang menawarkan produk tabungan, baik untuk tujuan reguler maupun pensiun.

SIMAK JUGA: Cut Loss Memang Menyakitkan, Tapi Mau Sampai Kapan Tahan Saham yang Merugi?

Investor institusi sering melakukan transaksi dalam jumlah besar dan dapat memperdagangkan obligasi atau sekuritas. Selain itu, mereka umumnya menggunakan pendekatan yang lebih canggih dan metode investasi yang lebih profesional dibandingkan dengan investor ritel.

Hal ini dilakukan guna memastikan bahwa dana yang dikelola dapat tumbuh sesuai dengan tujuan produk keuangan yang dipilih oleh nasabah. Sebagai contoh, perusahaan dana pensiun akan mengelola dana nasabah dengan menempatkannya dalam portofolio investasi yang sesuai dengan profil risiko dan ekspektasi hasil.

Tujuannya adalah agar dana tersebut tidak kehilangan nilai karena inflasi dan dapat tumbuh sehingga memenuhi kebutuhan nasabah di masa depan.

Investor Retail

Sementara itu, investor ritail adalah individu yang melakukan transaksi investasi melalui perusahaan pialang. Berbeda dengan investor institusional, investor ritel berinvestasi untuk mengurus dana pribadi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*