5 Fungsi Pasar Modal, Apa Saja?

Bursa Efek Indonesia
Bursa Efek Indonesia (EduFulus/Gwk)
Jangan Lupa Bagikan!

The Path to Financial Freedom, EduFulus.com – Pasar modal adalah pasar bagi banyak instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperdagangkan. Salah satu fungsi pasar modal, yaitu untuk menambah modal perusahaan. 

Pasar modal juga didefinisikan sebagai kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan sekuritas, perusahaan publik yang diperdagangkan terkait dengan efek yang mereka terbitkan, serta lembaga dan profesi terkait efek.

Obligasi (bond), saham (shares), reksa dana, dan derivatif merupakan beberapa contoh instrumen keuangan pasar modal. Pasar modal bisa menjadi sarana keuangan dan investasi bagi perusahaan maupun lembaga lainnya.

SIMAK JUGA: Per Oktober 2023 OJK Tindak 115 Berkas Perkara Pidana, Pasar Modal Ada 5 Perkara

Pasar modal memiliki peran sebagai penghubung antara investor dengan perusahaan dan instasi pemerintah dengan memperdagangkan instrumen jangka panjang. Contoh instrumen jangka panjang tersebut, yaitu obligasi, saham dan sebagainya.

Lantas, apa saja fungsi pasar modal?

Fungsi Pasar Modal

Sebelum mulai terjun ke pasar modal, ketahui lima fungsi pasar modal berikut ini:

1. Menambah modal bagi perusahaan

Pasar modal berfungsi untuk menambah modal bagi perusahaan. Perusahaan bisa mengumpulkan dana dengan menjual saham di pasar modal. Biasanya publik, perusahaan, institusi, atau pemerintah membeli saham ini. 




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*