14 Indikator Laporan Keuangan Emiten yang Perlu Diperhatikan Sebelum Sahamnya Dibeli

Laporan Keuangan
Laporan Keuangan (EduFulus/Ist)
Jangan Lupa Bagikan!

The Path To Financial Freedom, EduFulus.com  – Berinvestasi di pasar modal mengutamakan prinsip transparansi. Salah satu syarat bagi perusahaan publik yang ingin tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah harus mematuhi prinsip keterbukaan, yaitu transparansi.

Bentuk transparansi ini antara lain dengan mempublikasikan laporan keuangan perusahaan dan informasi material lainnya secara berkala yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan.

Tujuannya adalah membantu investor dalam mengambil keputusan investasi. Karena fundamental perusahaan akan mempengaruhi harga saham, laporan keuangan perusahaan adalah dokumen pertama yang harus dibaca oleh investor di pasar modal.

SIMAK JUGA: 3 Langkah Mudah Lapor Pajak Saham di SPT Tahunan

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan dalam periode tertentu, biasanya dipublikasikan setiap tiga bulan dan tahunan setelah melalui proses audit.

Investor perlu memahami cara membaca dan menganalisis laporan keuangan emiten yang tercatat di BEI untuk menilai kinerja perusahaan dan menentukan kelayakan sahamnya.

Laporan keuangan kuartalan dan tahunan perusahaan tercatat dapat dilihat dan diunduh di situs resmi BEI atau situs masing-masing perusahaan serta media massa nasional.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*