10 Tip Mengevaluasi Portofolio Saham di Awal Tahun

Investor saham
Investor saham (EduFulus/Ist)
Jangan Lupa Bagikan!

The Path To Financial Freedom, EduFulus.com – Mengevaluasi portofolio saham di awal tahun adalah langkah penting untuk memastikan bahwa investasi sesuai dengan tujuan keuangan dan strategi investasi yang telah ditetapkan.

Namun hingga kini tidak sedikit yang belum tahu cara melakukan review atau evaluasi saham yang dimaksud.

SIMAK JUGA: Cara Mengevaluasi Portofolio Saham, Jangan-jangan Sudah Boncos!

Berikut ini 10 tip yang dapat membantu kamu dalam proses evaluasi portofolio saham di awal tahun:

1). Revisi Tujuan Keuangan dan Toleransi Risiko

Sebelum memulai evaluasi portofolio, periksa kembali tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang. Pastikan portofolio sejalan dengan tujuan-tujuan tersebut. Selain itu, pertimbangkan kembali toleransi risiko.

2). Analisis Kinerja Saham

Tinjau kinerja masing-masing saham dalam portofolio. Identifikasi saham-saham yang memberikan keuntungan atau yang mungkin berisiko. Tinjau laporan keuangan, berita terkini, dan perkembangan industri untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi kinerja saham tersebut.

3). Diversifikasi Portofolio

Pastikan portofolio terdiversifikasi dengan baik. Jika terlalu terfokus pada satu sektor atau industri, risiko dapat meningkat. Pertimbangkan untuk menyeimbangkan portofolio dengan menambah atau mengurangi eksposur pada beberapa saham atau sektor tertentu.

4). Periksa Bobot Setiap Saham

Tentukan bobot masing-masing saham dalam portofolio. Jika ada saham yang mendominasi portofolio, pertimbangkan untuk mengurangi risiko dengan menyesuaikan alokasi. Hal ini dapat membantu menghindari ketergantungan pada performa satu saham saja.

5). Evaluasi Dividen dan Imbal Hasil




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*